Dewasa ini gairah menulis di kalangan muda Indonesia terus meningkat, ditandai dengan banyaknya situs kepenulisan di dunia maya. Penulis baru terus bermunculan dengan karya yang beraneka ragam. Namun dengan minimnya apresiasi dari sesama pemula maupun yang sudah mumpuni, gairah menulis itu bisa jadi tidak akan berkembang. Terlebih jika apresiasi itu memuat kritik dan saran yang dapat memacu penulis untuk membuat karya yang lebih baik lagi.

Melalui blog Apresiasi Cerpen Indonesia, kami hendak mengupayakan semangat apresiasi dalam bentuk ulasan tertulis. Dengan saling berbagi ulasan dalam wadah ini, kami berharap dapat menularkan semangat apresiasi sehingga meningkatkan penghargaan masyarakat terhadap karya sastra bangsanya sendiri.

Kami mengkhususkan diri pada cerpen. Bentuk cerpen yang singkat dan dapat dibaca bahkan ditulis dalam sekali duduk merupakan bahan yang praktis dalam mempelajari karya sastra, terutama bagi pembaca ataupun penulis pemula. Selain itu, apresiasi sastra di dunia maya lebih banyak ditujukan pada karya yang berbentuk buku/novel, sementara cerpen kurang mendapat sorotan.

Blog ini tidak membatasi cerpen yang hendak diulas, selama itu ditulis dalam bahasa Indonesia dan oleh penulis Indonesia (cerpen Indonesia) serta telah dipublikasikan baik di media cetak maupun daring. Menurut kami, cerpen apa pun dapat dijadikan bahan pembelajaran, baik yang ditulis oleh penulis serius maupun penulis amatir. Blog ini juga tidak membatasi ulasan yang masuk berdasarkan bobotnya ataupun latar belakang pengulasnya, selama itu tidak menyinggung SARA. Kami ingin agar semakin banyak orang menyadari pentingnya apresiasi dan tidak segan untuk membaginya.

Mudah-mudahan dengan ini sastra Indonesia dapat semakin maju dan dihargai, setidaknya oleh bangsanya sendiri.

Salam Apresiasi!

Iklan

2 thoughts on “Tentang Blog Apresiasi Cerpen Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s